Ikon Musik Amerika Latin Juan Gabriel Tutup Usia

Selasa, 30 Ags 2016 | 13.01 WIB

Ikon Musik Amerika Latin Juan Gabriel Tutup Usia

centroOne/Istimewa


Centroone.com - Ikon musik Amerika Latin, Juan Gabriel meninggal dunia di usianya yang ke-66 tahun.

Juan tutup usia di Santa Monica California, Amerika Serikat (AS) pada 28 Agustus 2016 lalu. Dilansir dari laman CNN baru-baru ini, masih belum diketahui pasti penyebab Juan meninggal dunia.

Namun menurut kabar yang beredar, pria kelahiran Parácuaro Michoacán Meksiko, 7 Januari 1950 ini tutup usia karena serangan jantung. Ia menghembuskan napas terakhirnya hanya beberapa jam setelah tampil dalam konsernya di Los Angeles, AS, dengan tiket yang terjual habis.

Kabar duka soal kematian Juan ini muncul untuk pertama kalinya saat Presiden Meksiko, Enrique Pena Nieto, Minggu (28/8) waktu setempat mengunggah ucapan bela sungkawa di akun Twitter-nya.

Ia menulis Juan sebagai salah satu ikon besar musik di negaranya.

"Salah satu ikon besar musik dari negara kita...dengan suara dan bakatnya, yang memperkenalkan Meksiko dan musiknya kepada dunia. Pergi terlalu cepat, beristirahatlah dengan damai," tulis sang Presiden.

Juan merupakan penyanyi dengan enam nominasi Grammy dan dikenal bergaya flamboyan di atas panggung. Ia untuk pertama kalinya dikenal di negerinya pada 1970 sampai era '80-an. Ia dikenal sebagai penyanyi balada dengan musik bertema patah hati dan cinta.

Di tahun 1990, Juan pun menjadi penyanyi pop pertama yang bisa tampil di Gedung Palace of Fine Arts, Meksiko. Ini tergolong langka, karena biasanya gedung tersebut hanya dipakai untuk pertunjukan musik klasik.

Juan juga sukses menjual 100 juta lebih albumnya dalam bahasa Spanyol di Amerika Latin, Spanyol, dan AS. Lagu paling populer milik Juan bertajuk 'Querida' atau dalam bahasa Indonesia artinya 'Tersayang', mampu merajai puncak lagu pop Meksiko dalam kurun setahun.

Berbagai penghargaan pun sukses disabet Juan - sampai akhirnya di tahun 2009, ia dianugerahi bintang Hollywood Walk of Fame. Sementara menurut rencana, dalam waktu dekat ini pihak keluarga Juan akan memberikan pernyataan resmi terkait meninggal dunianya sang legenda. (Rie)