Makin Unik, Angpao Digital Timbulkan Pro dan Kontra

Sabtu, 28 Jan 2017 | 19.00 WIB

Makin Unik, Angpao Digital Timbulkan Pro dan Kontra

ilustrasi (IST)


Centroone.com - Imlek tidak lengkap tanpa angpao.  Selama beberapa tahun terakhir, seiring dengan perkembangan teknologi, angpao tidak lagi diberikan secara fisik - berupa amplop merah berisi uang- melainkan lewat aplikasi smartphone. Namun belakangan kehadiran angpao digital ini, rupanya menuai pro dan kontra baru di kalangan masyarakat China.

Sebuah survei yang digelar United Overseas Bank, menyebutkan tiga perempat warga China berencana membagian angpao digital di liburan Imlek kali ini.  Biasa diberikan dari orang tua ke mereka yang lebih muda, angpao digital dipilih karena lebih menyenangkan dan menimbulkan rasa suka cita pada mereka yang menerimanya. 

Demikian sebut survey tersebut, seperti dilansir dari GbTimes.  Dua platform pembayaran online China, QQ dan Alipay sendiri dalam update terbarunya bahkan turut menyertakan sokongan sistem Augmented Reality (AR)  yang membuat berburu angpao digital jadi mirip bermain Pokemon GO.

Namun di tengah meningkatnya semarak angpao digital, sejumlah warga lain menilai angpao digital hal yang mengganggu.  Dalam sebuah survey yang digelar oleh platform pembayaran digital Rong360, angpao digital merusak suasana Imlek karena sejumlah anggota keluarga lebih memilih untuk memegang smartphone untu berburu angpao digital daripada bercengkrama, saat keluarga berkumpul. 

Bahkan menurut survey Rong360, 46 persen dari peserta survey mengaku memberikan angpao agar postingan mereka dipuji atau diforward ke sosial media untuk mendapatkan pujian. by