Foto Cover Luna Maya dan Orangutan Dapat Kecaman

Jumat, 06 Okt 2017 | 22.02 WIB

Foto Cover Luna Maya dan Orangutan Dapat Kecaman

centroOne/Istimewa


Centroone.com - Luna Maya baru-baru ini mendapatkan kritikan atas foto cover barunya di majalah Her World Brides Indonesia.

Dalam foto tersebut, mantan kekasih Ariel 'Noah' ini berfoto dengan orangutan. Foto inilah yang menimbulkan kontroversi dan langsung dikritik Borneo Orangutan Survival (BOS). BOS mengecam tindakan ini melalui jejaring media sosial.

Sadar dikritik, pihak Her World Brides Indonesia pun langsunng memberikan penjelasan terkait konsep pemotretan Luna Maya dengan orangutan tersebut. Menurut mereka, pemotretan itu dilakukan langsung di area Bali Zoo pada 25 April 2017.

Dan, ini adalah konfirmasi dari Her World Brides Indonesia yang disampaikan untuk awak media dalam bentuk pers rilis:

"Kami ingin meluruskan fakta bahwa foto itu tidak pernah menjadi cover majalah Her World Brides Indonesia, yang telah diterbitkan pada 23 September lalu. Pemotretan ini dilakukan atas kerjasama dengan Bali Zoo di lingkungan Bali Zoo pada 25 April lalu, dengan seizin dan pengawasan petugas kebun binatang yang merupakan ahli satwa.

Kesalahan-kesalahan informasi di atas menjadi fatal karena dalam menurunkan artikel tersebut, media tersebut tidak melakukan klarifikasi terlebih dulu kepada kami dan memuat penjelasan dari pihak kami, sebagaimana diamanatkan UU Pers. Dan oleh karena itu, artikel tersebut telah melanggar prinsip keberimbangan berita (cover both sides) sebagaimana dipersyaratkan oleh Kode Etik Jurnalistik Indonesia.

Oleh sebab itu, kami meminta agar Hak Jawab ini dapat diterbitkan secara utuh, tanpa dikurangi atau ditambahi, dalam artikel baru dan juga di-insert dalam artikel sebelumnya. Kami memohon maaf jika ada pihak-pihak yang tidak berkenan. Untuk kritikan yang ditujukan pada kami, kami menerimanya sebagai masukan dan evaluasi tim redaksi ke depannya. Terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya". (Rie)