Dituding Curi Teknologi, Uber Digugat Induk Usaha Google

Minggu, 26 Feb 2017 | 19.00 WIB

Dituding Curi Teknologi, Uber Digugat Induk Usaha Google

ilustrasi (IST)


Centroone.com - Dikenal sebagai salah satu perusahaan penyedia layanan transportasi online, Uber juga tengah mengembangkan teknologi tranportasinya sendiri berupa mobil otonom, yang bisa melaju tanpa sopir.  Di tengah pengembangan tersebut, pukulan telak didapat Uber. Perusahaan itu diseret raksasa internet Alphabet, yang merupakan induk usaha Google ke pengadilan dengan tuduhan melakukan pencurian teknologi.

Dalam gugatan itu, Alphabet menyebutkan manajer salah satu anak usahanya Waymo, yang berfokus pada mobil otonom mencuri sejumlah data teknis sebelum keluar dari perusahaan itu untuk kemudian mendirikan perusahaan sendiri bernama Otto, yang kini jadi salah satu bagian dari Uber.  Proses akuisisi Otto oleh Uber sendiri dilaporkan bernilai USD 680 juta.

Gugatan sendiri berfokus pada sosok bernama  Anthony Levandowski, yang adalah salah satu pendiri Otto.  Saat masih bekerja di Wymo, Anthony disebut mendownload lebih dari 14 ribu desain rahasia di sebuah laptop pada Desember tahun 2015. Seminggu kemudian, setelah melepas memori penyimpanan laptop itu, Anthony mem-format laptop perusahaan itu.  Dalam gugatan itu juga disebutkan tentang adanya informasi penting terkait teknologi sensor LIDAR, teknologi penggunaan laser yang berguna untuk memeriksa kondisi sekitar dan memungkinkan sebuah kendaraan otonom melihat kondisi sekitar. Waymo mengaku menghabiskan USD 10 juta untuk mengembangkan teknologi itu.  

" Otto dan Uber telah mengambil kekayaan intelektual Waymo, jadi mereka bisa menghemat waktu, resiko dan juga dana untuk pengembangan teknologi mereka sendiri. " ujar pihak Waymo di Pengadilan Federal San Fransisco, seperti dilansir dari AsiaOne.

Otto sendiri sebelum bergabung dengan Uber sukses melakukan uji coba kendaraan otonom berupa truk untuk mengantarkan bir di Colorado bulan November lalu. Truk dengan 18 roda itu, sukses menempuh perjalanan 120 mil dengan berbekal kamera, radar dan sensor untuk membaca jalan. Sementara Uber sendiri sebelumnya juga sempat melakukan ujicoba mobil otonom di Pittsburgh, Pennsylvania. Terkait gugatan ini, pihak Uber menegaskan akan mempelajari gugatan tersebut lebih dulu.  by