Wajah Mirip Rampok,Korban Salah Tangkap 17 Tahun Dibui

Sabtu, 17 Jun 2017 | 19.00 WIB

Wajah Mirip Rampok,Korban Salah Tangkap 17 Tahun Dibui

Richard Anthony Jones (kiri) dan kembaran jahatnya (IST)


Centroone.com - Akibat memiliki wajah mirip dengan seorang penjahat, seorang pria terpaksa meringkuk selama 17 tahun di penjara  atas kejahatan yang tidak pernah ia lakukan.  Pria itu, Richard Anthony Jones akhirnya dibebaskan setelah hakim tidak menemukan bukti kuat untuk menghukumnya. 

Kisah hidup Richard Anthony bermula saat sebuah kasus perampokan terjadi pada tahun 1999.  RIchard ditangkap dan dijebloskan penjara, hanya berdasarkan pada keterangan seorang saksi tanpa tidak ada bukti fisik seperti sidik jari dan DNA yang mengaitkan Richard dengan kejahatan tersebut.  Saksi yang dipanggil untuk mengenali si penjahat, gagal membedakan Richard dan pelaku sebenarnya dari kasus tersebut, yakni Ricky.

Richard dijatuhi hukuman penjara 19 tahun sebelum mengetahu ada seorang pria di penjara yang sama dengannya, dengan wajah dan nama yang mirip.  Richard kemudian menghubungi Proyek Midwest Innocent yang merupakan organisasi yang menyediakan bantuan terhadap tahanan yang tidak bersalah untuk membantunya.

Jaksa yang bertugas untuk kasus Richard terkejut melihat penampilan dan wajah mereka yang identik. Dalam sidang baru, Jones mengungkapkan dirinya tengah bersama sang kekasih ketika kejahatan itu terjadi.  Richard akhirnya dibebaskan bisa kembali bersama anaknya.  by