Open Rights Group : Produsen Smartphone Intip Pengguna Perangkat

Minggu, 18 Jun 2017 | 20.00 WIB

Open Rights Group : Produsen Smartphone Intip Pengguna Perangkat

ilustrasi (IST)


Centroone.com -  Sebuah organisasi hak asasi, Open Rights Group mengungkapkan smartphone keluaran sebuah perusahaan teknologi ternama menggunakan sistem yang dapat mengintip segala 'gerakan' dan aktivitas penggunanya melalui teknik 'beaconing'.

Menurut laporan Daily Mail, teknologi yang 'menakutkan' itu juga bisa 'mencatat' apapun yang dibaca oleh pengguna termasuk menonton secara online dan e-mail pribadi. Oleh yang demikian, Open Rights Group mendesak perusahaan terkait untuk 'menghapus' teknologi yang dianggap 'tidak bertanggung jawab' itu.

Laporan terbaru yang dirilis oleh The Sun Online mengungkapkan teknologi itu bertindak sebagai 'tukang-mata' yang memantau segala gerak pengguna. Direktur Eksekutif organisasi bersangkutan, Jim Killock mengatakan, selain itu perangkat tersebut dapat mendeteksi setiap aktivitas pengguna di telepon seperti lokasi, gambar, video dan tanggal suatu halaman itu diakses melalui Protokol Internet (IP) yang didaftar.

Penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Universitas Teknologi Braunschweig, Jerman menemukan gelombang ultrasonik yang terdapat dalam perangkat itu juga ditemukan dalam 234 aplikasi Andriod yang lain. Selain mengintip gerakan, perangkat itu juga dapat mendeteksi latar belakang pengguna tanpa disadari mereka.

Kelompok peneliti itu mengatakan, aplikasi itu sebenarnya dikembangkan untuk diadopsi oleh perusahaan besar seperti McDonald dan Krispy Kreme. Laporan itu sendiri diungkapkan hanya setelah beberapa minggu setelah Google melarang aplikasi Android yang menggunakan beacon untuk mengintip pengguna. by