Lawan Pembajakan, Puluhan Raksasa Hiburan Bersatu Dirikan ACE

Minggu, 18 Jun 2017 | 22.00 WIB

Lawan Pembajakan, Puluhan Raksasa Hiburan Bersatu Dirikan ACE

ilustrasi (IST)


Centroone.com - Meskipun sejumlah situs sharing konten bajakan sudah banyak yang gulung tikar, namun tetap saja ancaman pembajakan masih mengancam industri hiburan.  Untuk mengatasi hal itu, sejumlah perusahaan hiburan dan juga TV mendirikan apa yang mereka sebut sebagai The Alliance for Creativity and Entertainment (ACE). 

Pakta untuk mengajukan perang terhadap pembajakan online, ini beranggotakan 30 perusahaan yang diantaranya adalah nama besar hiburan sekarang seperti Hulu, Netflix, HBO, BBC dan Amazon.  Dengan berdirinya ACE, semua anggota yang terlibat bakal melawan pembajakan secara lebih terpadu.

 "ACE akan membantu melindungi kelangsungan hidup komunitas kreatif dan memastikan pemirsa terus menikmati konten berkualitas tinggi yang telah mereka harapkan," Alan Braverman, VP Eksekutif dan penasihat umum Disney, mengatakan dalam sebuah pernyataan seperti dilansir dari variety. 

Sebelum ini mereka menentangnya secara tunggal. Tahun lalu diperkirakan 5,4 Miliar konten bajakan diunduh dan 21,4 Miliar konten streaming diundah secara ilegal. Dengan terbentuknya aliansi  ini diharapkan pembajakan bakal makin surut. 

"Ini meningkatkan upaya kolektif kita untuk memerangi pembajakan online dengan menekan  perusahaan kriminal yang mendapatkan keuntungan dari pencurian konten berhak cipta sambil mempromosikan pasar legal untuk konten itu." tambah Alan lagi.  by