Google Doodle Ikut Ramaikan Musim Mudik 2017

Senin, 19 Jun 2017 | 06.00 WIB

Google Doodle Ikut Ramaikan Musim Mudik 2017

centroOne/Istimewa


Centroone.com - Musim mudik Lebaran 2017, rupanya juga ikut diramaikan oleh Google.

Lewat karya Doodle-nya hari Senin (19/6) ini, Google menggambarkan kebahagiaan orang-orang saat mudik. Dengan memakai mobil pribadi, sepeda motor, bis, dan angkutan umum lainnya, Doodle menggambarkan soal kemeriahan mudik yang saat ini sudah berlangsung.

Tak lupa dalam Doodle juga terlihat barang-barang bertumpuk di atas kendaraan mereka untuk dibawa pulang mudik. Ya mudik, memang tradisi warga Indonesia ketika merayakan Lebaran di kampung halaman.

Di negeri ini, Lebaran identik dengan mudik. Diambil dari kata udik yang berarti hulu/selatan, mudik adalah kegiatan perantau untuk kembali ke kampung halamannya.

Menurut data Kementerian Perhubungan Indonesia, sebagian besar pemudik berangkat dari Jakarta ke Jawa Tengah. Sebesar 61% pemudik memiliki tujuan ke Jawa Tengah, sedangkan 39% menuju ke Jawa Timur.

Pada 2014, pemudik yang pergi ke Jawa Tengah mencapai hampir 7,9 juta orang.

Lebih dari 2 juta di antaranya pulang kampung menggunakan sepeda motor, sebanyak lebih dari 2,1 juta menggunakan mobil, lebih dari 3,4 juta naik bus dan hampir 200 ribu orang menggunakan kereta api.

Sementara itu, hanya 88 ribu orang naik pesawat dan 26 ribu naik kapal laut. Salah satu masalah terbesar yang dihadapi menjelang mudik adalah penyediaan sistem transportasi, mengingat masyarakat dalam jumlah banyak berpergian pada saat yang bersamaan.

Selain tiket kendaraan umum yang harus dipesan sejak jauh hari, mudik juga identik dengan kemacetan di jalan. Sementara bagi operator telekomunikasi, mudik identik dengan lonjakan trafik di tempat tujuan mudik dan jalan-jalan ke tempat tersebut.

Karena itulah, menjelang bulan Ramadan, biasanya para operator telekomunikasi mengadakan uji jaringan untuk memastikan bahwa jaringan mereka berada dalam keadaan optimal untuk melayani para pemudik. (Berbagai Sumber/Rie)