India Tak Berminat Ijinkan Kendaraan Otonom Tanpa Sopir

Jumat, 28 Jul 2017 | 06.00 WIB

India Tak Berminat Ijinkan Kendaraan Otonom Tanpa Sopir

ilustrasi (IST)


Centroone.com - Teknologi kendaraan otonom tanpa sopir tengah jadi salah satu fokus utama sejumlah produsen otomotif dan teknologi di sejumlah negara. Teknologi ini dapat tidak hanya membuat jalan raya lebih aman tetapi juga mengurangi ketergantungan kepada pekerja asing. Tapi di India pihak pemerintah memiliki pendapat berbeda mengenai penggunaan kendaraan otonom tanpa sopir.  

Menteri Transportasi Dan Jalan Raya India, Nitin Gadkari mengatakan kendaraan swapandu tidak akan diizinkan beroperasi di India. "Teknologi ini menyebabkan ribuan sopir kehilangan pekerjaan. Di dalam negara yang memiliki masalah kemiskinan, peningkatan jumlah pengangguran akibat teknologi otonom tanpa sopir dipandang serius." tukasnya seperti dilansir dari Hindustan Times. 

India adalah salah satu negara di dunia yang memandang serius penggunaan kendaraan listrik dan ingin melarang kendaraan bahan bakar fosil pada 2030.    Tingkat polusi udara di India salah satu yang terburuk di dunia. Tahun lalu sebanyak 1,2 juta orang meninggal akibat komplikasi yang berkaitan dengan polusi udara. 

Tidak ingin polusi terus "membunuh" warganya pemerintah India mengambil langkah  inovatif. Baru-baru ini pemerintah India menetapkan bahwa mulai 2030, hanya kendaraan listrik boleh dijual di India. Menteri Energi India, Piyush Goyal mengatakan pemerintah akan memberikan subsidi selama tiga tahun untuk memungkinkan rakyat beralih ke kendaraan listrik sepenuhnya. by