Desa Bernilai Historis di Jerman Terjual Rp 2,2 miliar

Jumat, 12 Jan 2018 | 14.00 WIB

Desa Bernilai Historis di Jerman Terjual Rp 2,2 miliar

Desa Alwine (ibtimes)


Centroone.com - Seorang pengusaha membeli sebuah desa kecil di Brandenburg, Jerman timur yang dilelang dengan harga USD 165.000 atau sekitar Rp 2,2 miliar. Sebelumnya dalam lelang tersebut, rumah lelang Karhausen menetapkan bid atau penawaran minimal untuk desa seluas 16.000 meter persegi itu pada  harga USD 147.000.

Pembeli akan menjadi pemilik tunggal Desa Alwine, yang terletak 150 kilometer selatan Berlin. Desa itu memiliki  enam rumah, beberapa gudang dan bangunan kecil di desa. Warga desa berharap agar penjualan bisa memperbaiki situasi di desa yang mulai tidak karuan setelah dibeli oleh dua saudara kandung pada tahun 2000.

Lokasi desa sendiri tersembunyi di balik kawasan hutan serta tidak ada fasilitas transportasi memadai di tempat itu. Desa ini sekarang dihuni oleh hanya 15 orang setelah penutupan pabrik batubara tertua di sana pasca penyatuan Jerman tahun 1990."  Sejak saat itu, banyak pihak yang ingin membelinya termasuk dari luar negeri, kata juru bicara Karhausen Matthias Knake, seperti dilansir dari IBTimes. by