e-Palette, Konsep Kendaraan Serbaguna Otonom Masa Depan

Jumat, 12 Jan 2018 | 19.00 WIB

e-Palette, Konsep Kendaraan Serbaguna Otonom Masa Depan

Sistem e-Palette yang diaplikasikan Pizza Hut (PizzaHut)


Centroone.com - Pabrikan mobil Toyota menjadikan ajang event CES 2018 untuk mengenalkan konsep sistem otonom mereka untuk penggunaan komersial seperti mengantarkan barang dan transportasi.    Diberi nama e-Palette, konsep ini dikembangkan oleh Toyota dan Mazda bersama dengan Amazon, Pizza Hut, Uber dan ride sharing Didi.

Berbentuk kotak,  kendaraan ini memiliki ukuran yang bermacam-macam mulai dari 4 meter hingga 7 meter tergantung pada jenis pemakaian. Model konsep sendiri berukuran panjang 4,8 m, lebar 2.0 m, dan tinggi 2,25 m. 

Menurut pihak Toyota, e-Palette akan menerapkan interface dan software terbuka untuk memudahkan pemilik menggunakan kendaraan tersebut untuk berbagai keperluan.  Sistem open source itu sendiri didukung dengan interior fleksibel yang bebas diatur. Nantinya, e-Palatte bisa jadi restoran berjalan, angkutan manusia,  angkutan barang serta tentu saja toko berjalan.  

Di CES 2018, Pizza Hut jadi yang pertama memamerkan kegunaaan e-Palette. Dari akun Twitter Pizza Hut, terlihat e-Palette berlogo Pizza Hut. Mengaplikasikan e-Palette -  pengguna bisa memesan Pizza Hut dan pesanan akan diantar kepada pemesan secara otomatis menggunakan kendarana otonom tesebut. 

Selain Pizza Hut, Toyota juga mengatakan mereka berencana untuk bekerja sama dengan sejumlah merek lain termasuk Uber, Amazon. Untuk saat ini sistem ini masih berupa konsep. Toyota sendiri sebelumnya telah menyatakan akan hadir dengan kendaraan listrik generasi pertama mereka di tahun  2025. bbs/by