Gondol 2 Ribu Unit iPhone, Mantan Manajer Dijebloskan Bui 2 Tahun

Kamis, 11 Okt 2018 | 18.00 WIB

Gondol 2 Ribu Unit iPhone, Mantan Manajer Dijebloskan Bui 2 Tahun

ilustrasi iPhone (pixabay)


Centroone.com - Seorang mantan manajer di perusahaan manufaktur teknologi Taiwan Foxconn dipenjara setelah diketahui mencuri dan menjual 2.000 iPhone. Dari jumlah itu si mantan manajer mengantongi sekitar USD8,46 juta.  

Foxconn, juga dikenal sebagai Hon Hai, adalah perusahaan manufaktur terbesar dunia dan merakit produk untuk merek internasional seperti Apple dan Sony. Foxconn mempekerjakan sekitar satu juta pekerja di pabriknya di seluruh China. 

Tsai Yi-wei, yang bekerja di departemen pengujian perusahaan, telah menginstruksikan delapan karyawan di pabrik Foxconn di kota Shenzhen, Cina selatan untuk menyelundupkan model uji iPhone 5 dan iPhone 5s antara Juli 2013 dan Desember 2014, kata pengadilan tinggi.

Tsai kemudian menjual telepon, yang seharusnya dibuang, ke toko-toko di Shenzhen. Dia dijatuhi hukuman dua tahun dan empat bulan. Meski begitu Tsai dapat mengajukan banding atas putusan itu. "Terdakwa adalah kepala departemen tetapi melanggar kepercayaan perusahaan," kata pengadilan dalam sebuah pernyataan seperti dilaporkan DailyMail.

Foxconn melaporkan kasus tersebut kepada pihak berwenang Taiwan setelah audit internal dan Tsai didakwa pada akhir 2016. Perusahaan telah dihantam oleh sejumlah skandal dalam beberapa tahun terakhir, dari kesalahan karyawan hingga masalah kerja buruh.  by