Jaringan 5G Komersial Mulai Beroperasi di AS

Kamis, 11 Okt 2018 | 20.00 WIB

Jaringan 5G Komersial Mulai Beroperasi di AS

ilustrasi (pixabay)


Centroone.com - Provider komunikasi Amerika Serikat,  Verizon beberapa waktu lalu mengumumkan dimulainya program "First on 5G",  program yang diklaim perusahana tersebut sebagai jaringan generasi kelima komersial pertama di dunia. 

Program ini sendiri hanya dibuka di beberapa negara bagian seperti Houston, Indianapolis, Los Angeles, dan Sacramento untuk saat ini. Koneksi broadband 5G dijanjikan untuk mengirimkan bandwidth "gigabit per detik" dan "latensi sub-milidetik", meskipun kecepatan rata-rata yang diharapkan adalah 300 Mbps.  

Berbasis standar seluler, 5G menjanjikan peningkatan urutan pada teknologi LTE generasi keempat yang digunakan oleh sebagian besar penyedia telekomunikasi saat ini. Efektif, teknologi ini memungkinkan pelanggan untuk menikmati konektivitas seperti kabel tanpa perlu kabel. 

Layanan saat ini didasarkan pada standar TF 5G Verizon, sementara spesifikasi untuk standar global, 5G NR, belum diselesaikan oleh asosiasi telekomunikasi 3GPP. 

Dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir dari Engadget - Verizon mengatakan akan meningkatkan peralatannya, termasuk perangkat end-user, ke standar baru ketika sudah tersedia.   by