Simpan Celah Keamanan, Riwayat Google+ Diakhiri

Senin, 15 Okt 2018 | 12.00 WIB

Simpan Celah Keamanan, Riwayat Google+ Diakhiri

Google+ (Google)


Centroone.com - Berakhir sudah riwayat Google+ (Google Plus). Sempat jadi andalan Google di "perang" sosial media, raksasa internet itu akhirnya pilih mengakhiri Google+. Layanan sosial ini akan dihentikan sekitar 10 bulan lagi. 

Selain fakta Google+ tidak memiliki banyak pengguna, salah satu alasan Google menghentikannya juga karena kerentanan keamanan. Kerentanan keamanan terhadap layanan sosial dikatakan mempengaruhi hampir 500.000 akun pengguna. 

Celah keamanan ini terdapat pada akses API yang ditawarkan oleh Google dan memberikan informasi tentang pengguna meskipun suatu postingan tidak ditandai sebagai share publik.   Celah keamanan itu sekaligus mengungkap info seperti nama, usia dan pekerjaan yang disimpan di akun Google.  Google mengatakan mereka tidak menemukan penyalahgunaan akibat celah keamanan ini. 

Menurut Google sendiri, 90 persen atau hampir semua pengguna Google+ hanya menghabiskan waktu di platform ini selama kurang dari 5 detik.  Terkait dengan penutupan ini, Google mengungkapkan akan menyediakan panel khusus untuk pengguna - di mana pengguna akan dapat mengontrol informasi yang dibagikan dengan aplikasi pihak ketiga.  by