India Jadi "Rumah" Patung Tertinggi Dunia

Kamis, 22 Nov 2018 | 14.00 WIB

India Jadi

Perdana Menteri India Narendra Modi saat meresmikan Patung Tertinggi Dunia (tourism.gov.in)


Centroone.com - India kini menjadi "rumah" patung tertinggi dunia.  Patung raksasa tersebut, yang disebut sebagai sebagai 'Patung Kesatuan' menelan biaya USD 430 juta itu akhir bulan lalu diresmikan oleh Perdana Menteri India Narendra Modi. 

Patung sosok Sardar Vallabhbhai Patel setinggi 182 meter dibangun di dekat bendungan Narmada di Gujarat. Sardar Vallabhbhai Patel  adalah wakil Perdana Menteri India pertama Jawaharlal Nehru setelah kemerdekaan pada 1947 dan meninggal tiga tahun kemudian.  Patel disebut sebagai salah satu sosok penting dalam persatuan India dengan membujuk 550 pemimpin kerajaan  menjadi bagian dari India setelah India memperoleh kemerdekaan dari Inggris. 

Patung 182 meter ini dua kali lebih tinggi dari Patung Liberty di New York. 
Dilansir dari NDTV - dalam pembuatannya patung itu menghabiskan  210.000 meter kubik semen, 25.000 ton besi dan 1.700 ton perunggu.  Bangunan patung ini juga mencakup sebuah museum yang berisi 40.000 dokumen, 2.000 gambar dan pusat penelitian yang didedikasikan untuk kontribusi dan kehidupan Patel.  Patung ini diharapkan bisa menjadi daya tarik utama wisata di wilayah tersebut. 

India sendiri berencana membangun 2 patung tertinggi dunia. Masih dalam pengerjaan adalah patung King Chhatrapati Shivaji dengan setinggi 212 meter. Patung yang dibangun di Mumbai itu diharapkan akan selesai pada 2021.  by