Penjaga Pantai Jepang Gelar Pencarian Pulau Raib Tanpa Jejak

Selasa, 06 Nov 2018 | 15.00 WIB

Penjaga Pantai Jepang Gelar Pencarian Pulau Raib Tanpa Jejak

ilustrasi (pixabay)


Centroone.com - Penjaga Pantai Jepang baru-baru ini melakukan misi pencarian - bukan untuk mencari korban kecelakaan atau bencana melainkan sebuah pulau!. Pulau Esanbehanakitakojima, yang dilaporkan hilang terletak sekitar 500 meter dari pantai dekat desa Sarufutsu dekat ujung utara Hokkaido.

Pulau ini sendiri adalah salah satu dari 158 pulau tak berpenghuni dan dinamai oleh pemerintah Jepang pada tahun 2014 untuk menandai perairan Jepang dengan jelas. Berdasarkan hukum internasional, pulau dapat didefinisikan sebagai  pulau hanya jika mereka dapat dilihat di atas permukaan laut bahkan di bawah kondisi pasang surut.

Menurut Penjaga Pantai Jepang, Esanbehanakitakojima disurvei pada tahun 1987 dan catatan menunjukkan bahwa pulau ini sekitar 1,4 meter di atas permukaan laut.

"Ada kemungkinan bahwa pulau itu terkikis oleh angin dan salju, dan akhirnya hilang." tukas  Tomoo Fujii, perwira penjaga pantai senior seperti dilaporkan The Mirorr. 

Jika Esanbehanakitakojima tenggelam di bawah permukaan laut, perairan teritorial Jepang akan menyusut.   Penjaga pantai berencana untuk menyelidiki area tersebut untuk memastikan wilayah laut sekitarnya aman untuk berlayar.  by