Cumi-Cumi Raksasa "Serbu" Perairan Filipina

Sabtu, 14 Apr 2018 | 13.00 WIB

Cumi-Cumi Raksasa

Cumi-cumi raksasa FIlipina (DailyStar)



Centroone.com -  Nelayan di Filipina selatan dibuat terkejut dan khawatir seiring dengan kemunculan cumi-cumi raksasa di perairan pulau Tawi-Tawi di daerah otonomi Muslim Mindanao. 

"Serbuan" cumi-cumi raksasa itu terungkap setelah seekor cumi-cumi raksasa terlihat di dekat pantai di desa Sibutu, sebuah pulau kecil di wilayah tersebut dan ditemukan oleh para nelayam

Penduduk desa mencoba untuk menarik mereka ke daratan dan mengaraknya layaknya sebuah pesta.  Memiliki tubuh sepanjang 2,5 meter, cumi-cumi itu diyakini sebagai kelompok cumi berukuran besar yang mungkin telah tersesat jauh ke dalam wilayah pulau itu yang memiliki perairan dangkal karena terdorong gelombang laut dalam  .

Ketika dibawa ke pantai, banyak penduduk desa yang tidak melewatkan kesempatan untuk melihat cumi-cumi itu dengan kagum dan beberapa yang merekamnya dengan video sehingga viral melalui media sosial.

"Saya tahu nelayan yang menangkap cumi-cumi raksasa ini. Dia sangat sulit untuk membawa hewan ini karena sangat berat. Uniknya, cumi-cumi itu begitu bersih, putih, dan cerah, "kata Harold Eduardo Curtis, seorang nelayan di Tawi-tawi seperti dilansir DailyStar. 

Dia menambahkan bahwa cumi-cumi raksasa itu sangat sehat dan dia yakin rasa dagingnya lezat ketika dimasak. Tawi-Tawi terletak sekitar 1.100 kilometer dari ibukota Manila dan dekat dengan perbatasan Malaysia dan Indonesia.

"Ini adalah cumi-cumi terbesar yang pernah ditangkap dan dapat memecahkan rekor kawasan Asia Tenggara. Tampaknya itu berasal dari kelompok cumi-cumi raksasa sehingga mungkin ukuran yang sama atau lebih besar masih di laut, "katanya.

Ahli seismologi Jepang, Kiyoshi Wadatsumi, pada saat itu, memperingatkan, munculnya mahkluk berukuran raksasa sebenarnya menunjukkan bahwa ada dampak cuaca global dan perubahan cuaca global.

Makhluk laut dikatakan  sangat sensitif terhadap perubahan. Awal tahun lalu, Filipina dikejutkan oleh penemuan banyak hewan laut yang aneh di pantai setelah gempa skala 6,8 Richter.  by