Fitur Ini Bantu Amankan Privasi Email

Senin, 16 Apr 2018 | 14.00 WIB

Fitur Ini Bantu Amankan Privasi Email

Logo Gmail (ist)



Centroone.com - Bagi anda yang setiap hari menerima ratusan email - kapasitas penyimpanan adalah hal harus diperhatikan. Rajin-rajin menghapus email, untuk menghemat kapasitas sering dilakukan.  Google - yang layanan emailnya digunakan hampir sebagian besar masyarakat dunia dilaporkan bakal menghadirkan fitur untuk membantu mereka yang rajin menghapus email.

Mode Confidential - nama fitur tersebut menghapus email setelah jangka waktu tertentu. Saat menulis email, ada ikon baru dengan simbol jam. Ketika opsi ini dipilih, penulis email dapat mengatur email dihapus setelah seminggu, sebulan atau setahun.

Dilaporkan Tech Crunch, Selain menghapus otomatis setelah tanggal yang ditentukan, dalam Mode Confidential  penerima tidak dapat mengirim kembali (forward) email yang diterima dari orang lain. Fungsi unduh dan salin serta mencetak juga dinonaktifkan. Untuk meningkatkan keamanan, ada fungsi yang mengharuskan penerima memakai kode lewat SMS untuk membuka email dengan pengaman dua arah. 

Meskipun efektivitas fitur ini belum teruji, namun memberikan opsi baru terhadap kerahasiaan suatu dokumen atau permasalahan yang dikirim lewat email.  by