Teliti Ekosistem Laut Ilmuwan Kerahkan Robot Ikan SoFi

Senin, 23 Apr 2018 | 14.00 WIB

Teliti Ekosistem Laut Ilmuwan Kerahkan Robot Ikan SoFi

Robot ikan SoFi (youtubescreenshot)


Centroone.com - Sekelompok ilmuwan dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) mengembangkan robot ikan yang konon mampu mengungkap rahasia kehidupan laut. Seperti dilaporkan DailyMail - robot ini dinamai SoFi dan telah diuji di Fiji baru-baru ini.

SoFi dikatakan mampu menyelam sedalam 15 meter di bawah permukaan air dan bisa berenang tanpa henti selama 40 menit. Menurut tim peneliti, teknologi terbaru akan membantu para ilmuwan mempelajari lebih lanjut tentang organisme manusia ke manusia.

SoFi juga dapat berenang sesuai dengan arus laut dan mampu mengambil gambar resolusi tinggi menggunakan lensa memancing saat berenang. "Dengan menggunakan ekor bergelombang dan kemampuan unik untuk mengendalikan daya apungnya, SoFi dapat berenang lurus, berputar atau menyelam naik dan turun. " tukas salah satu ilmuwan. 

"Kelompok ini juga menggunakan kontroler Super Nintendo tahan air dan mengembangkan sistem komunikasi akustik yang memungkinkan mereka untuk mengubah kecepatan dan arah gerakan SoFi,"  demikian menurut penelitian yang dipublikasikan di Science Robotics.

Bahkan, SoFi juga bisa berenang dalam kelompok ikan sungguhan, yang sangat membantu para peneliti.  by