Bank Pertama Dengan Staf Semua Robot

Minggu, 13 Mei 2018 | 20.00 WIB

Bank Pertama Dengan Staf Semua Robot

Robot di China Construction Bank (CCB) cabang Shanghai (SCMP)


Centroone.com Sebuah bank membuka cabang baru yang dioperasikan sepenuhnya oleh robot dan diyakini sebagai yang pertama di dunia. Robot di China Construction Bank (CCB) cabang Shanghai tidak hanya akan menyambut pelanggan tetapi mereka juga menangani masalah perbankan.

Dilansir dari South China Morning Post - CCB yang adalah  bank terbesar kedua di China memiliki 360 cabang nasional, menggunakan teknologi untuk mengurangi biaya staf. 

Di bank itu - pelanggan disambut oleh robot berbentuk manusia yang akan menjawab pertanyaan mereka menggunakan pengenalan suara. Bahkan, kantor cabang memiliki mesin uang otomatis yang mampu menangani pembukaan rekening, transfer uang, pertukaran mata uang, investasi emas dan masalah manajemen properti. 

Menurut perwakilan bank, pengenalan karyawan robot memungkinkan mereka untuk mengelola 90 persen transaksi tunai dan non-tunai untuk cabang bank tradisional. Untuk pelanggan kaya yang membutuhkan layanan manusia, ruang khusus tersedia di mana mereka akan berinteraksi dengan petugas yang bertugas melalui koneksi video.

He Fei, Peneliti Senior di Bank of Communications Shanghai mengatakan bank tersebut sekaligus sebagai pilot project untuk melihat tanggapan masyarakat.  "Layanan tanpa manusia ini dapat menyelesaikan layanan standar dan berulang dari banyak pelanggan. Tetapi karyawan bank yang sebenarnya masih diperlukan untuk nasihat profesional, untuk mengelola kompleksitas dan transaksi properti pelanggan," katanya  by