Mesir Tetapkan Hukuman Blokir Untuk Youtube

Rabu, 30 Mei 2018 | 14.00 WIB

Mesir Tetapkan Hukuman Blokir Untuk Youtube

Youtube (ist)


Centroone.com Pada tahun 2012, umat Islam dikejutkan dengan kemunculan film Innocence of Muslims. Dianggap menghina Nabi Muhammad, film itu memantik sejumlah kerusuhan dan protes berdarah di beberapa negara.  Setelah hampir enam tahun,Pengadilan Mesir akhirnya menjatuhkan hukuman kepada Youtube. 

Dilaporkan Aljazerra, Pengadilan menjatuhkan hukuman blokir selama satu bulan bagi Youtube. Ini berarti selama satu bulan, warga Mesir tidak dapat mengakses Youtube. Hukuman itu dijatuhkan karena menurut pengadilan karena Youtube terlibat dalam penyalahgunaan akses ke konten yang menghina komunitas Muslim.

Hukuman kepada Youtube sebenarnya sudah dijatuhkan sejak tahun 2013, namun Youtube menjatuhkan banding.  Setelah hampir lima tahun, banding itu akhirnya ditolak dan hukuman yang dijatuhkan dilaksanakan. Tidak ada tanggal yang diungkapkan kapan blokir  dimulai. 

Pada saat yang sama, link langsung ke film pendek tersebut juga akan diblokir secara permanen. YouTube sendiri  telah menghapus Innocence of Muslims atas perintah pengadilan pada tahun 2014 namun, membatalkannya pada tahun 2015. 

Video itu masih bisa diunggah masih dapat diakses di YouTube hari ini tetapi dengan peringatan sebelum diputar.   by