Tetapkan Standar Kunci Mobil Digital Pada Smartphone

Selasa, 31 Jul 2018 | 18.00 WIB

Tetapkan Standar Kunci Mobil Digital Pada Smartphone

ilustrasi (pixabay)


Centroone.com - Dengan kegunaan smartphone sudah semakin luas dan tidak hanya sekedar sebagai alat komunikasi dan kerja, serta seiring dengan pengenalan mobil pintar yang mengusung teknologi ala komputer di kabin kedepan smartphone bisa jadi akan turut berfungsi sebagai kunci mobil. 

Mengantisipasi hal itu, The Car Connectivity Consortium (CCC)baru-baru ini memperkenalkan standar kunci digital untuk mobil. Dengan standar ini, mobil dapat dibuka dan dihidupkan dengan ponsel cerdas yang memiliki NFC.  CCC meluncurkan Digital Key 1.0 sebagai standar kunci digital untuk mobil. 

Sistem ini bekerja dengan mentransfer data kunci digital dengan aman dari smartphone pengemudi ke mobil. Menggunakan NFC sebagai proses yang lebih aman karena berupa sinyal jarak pendek,  CCC juga menjamin keamanan penggunaan kunci digital ini.

Dilaporkan Bussines Wire - saat ini Audi adalah salah satu produsen mobil yang tercatat, menggunakan teknologi Digital Key ini dan kedepan akan menyusul Volkswagen. 

Kedepan, CCC akan mengembangkan Digital Key 2.0 yang ditarget dikenalkan pada 2019, diharapkan nantinya teknologi ini hanya membutuhkan biaya sedikit dalam pengembangan dan perangkat pintar yang terhubung dengan kendaraan bakal semakin mudah. 

Sejumlah pabrikan teknologi yang terdaftar dalam CCC antara lain adalah LG, Samsung dan Apple serta tidak ketinggalan produsen chip Snapdragon.  by