Identifikasi Fasilitas Umum, Fokus Bantu Satu Desa

Jumat, 10 Ags 2018 | 19.00 WIB

Identifikasi Fasilitas Umum, Fokus Bantu Satu Desa

Tim gabungan ITS dan Unram saat mengidentifikasi bangunan. (Windhi/Centroone)


Centroone.com - Selama dua hari di lokasi bencana gempa Lombok, Nusa Tenggara Barat, Tim Tanggap Darurat ITS Surabaya akhirnya memfokuskan untuk mengirimkan bantuan ke Desa Rampek Darussalam yang berada di Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara. Tim Teknis sendiri telah berhasil mengidentifikasi sejumlah fasilitas umum, yakni sekolah dan pusat layanan kesehatan.

Menurut Lalu Muhammad Jaelani ST MSc PhD, pimpinan Tim Tanggap Darurat ITS menuturkan, desa itu merupakan pemekaran dari Desa Rampek, lokasinya lebih dalam dengan 2.000 hektare kawasan hutan dan berpenduduk 4.000 jiwa. Di desa yang memiliki 30 posko ini, posko ITS ditugaskan membantu 19 posko lain. 

Dapur umum dan persedian logistik ITS sebagian disuplai ke 19 posko tersebut. “Hal ini sesuai dengan rekomendasi terakhir yang diterima usai rapat yang diadakan di Gedung Rektorat ITS,” jelas dosen yang biasa disapa Lalu ini.

Sementara disampaikan Ir Faimun MSc PhD selaku Ketua Tim Teknis ITS, pada Kamis (9/8/2018) lalu telah melakukan identifikasi pada enam bangunan dengan rincian lima bangunan sekolah dan satu fasilitas kesehatan. Keenam bangunan tersebut adalah gedung Teknik Sipil Universitas Mataram (Unram), gedung baru Fakuktas Teknik Unram, gedung Fakultas MIPA Unram, SMA 2 Mataram, SMP 11 Mataram, SDN 27 Ampenan, SDN 15 Ampenan, SDN 47 Ampenan dan Puskesmas Tanjung Karang. 

Dari lima sekolah tadi, hanya satu yang tidak bisa menggunakan seluruh ruangannya karena satu ruang kelas berbahaya untuk digunakan. “Bangunan lain hanya mengalami kerusakan bata dinding saja,” pungkas dosen Teknik Sipil ini. (windhi/by)