Jemput Bola, Rekam Data Pelajar 16 Tahun

Jumat, 10 Ags 2018 | 19.30 WIB

Jemput Bola, Rekam Data Pelajar 16 Tahun

Kepala Dispendukcapil Surabaya Suharto Wardoyo (Windhi/centroone)


Centroone.com - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Surabaya terus berupaya melakukan percepatan perekaman e-KTP. Pada Agustus ini, Dispendukcapil akan melakukan perekaman e-KTP bagi pelajar SMA yang berusia 16 tahun.

“Harapannya ketika anak-anak berusia 17 tahun, sudah bisa mencetak e-KTP dan bisa melakukan pengurusan lainnya seperti SIM,” ujar Kepala Dispendukcapil Surabaya Suharto Wardoyo, Selasa (7/8/2018).

Pria yang akrab disapa Anang ini mengatakan, pada saat perekaman e-KTP di sekolah-sekolah, pelajar diminta  membawa fotocopy kartu keluarga. “Kalau ada pelajar yang tidak membawa KK, bisa menyebutkan nama dan tanggal lahirnya saja,” tuturnya.

Menurut Anang, perekaman di sekolah-sekolah mulai dilakukan pada 13 hingga 16 Agustus 2018 dengan menyasar empat sekolah. “SMA 19 (13 Agustus), SMAN 18 (14 Agustus), SMAN 20 (15 Agustus) dan SMA Muhamadiyah 2 Pucang (16 Agustus),” urainya.

Sebelumnya, pihak Dispendukcapil sudah berkoordinasi dengan pihak sekolah untuk melakukan perekaman e-KTP bagi pelajar yang berusia 16 tahun. “Minggu depan sudah dimulai dan yang jelas tidak menggangu jam pelajaran anak-anak,” jelas Anang.

Apabila cetakan e-KTP sudah selesai, pelajar SMA tidak perlu datang ke kantor Dispendukcapil untuk mengambil e-KTP. “Nanti kita antar ke sekolah masing-masing,” imbuhnya. 

Ke depan, tidak hanya pelajar SMA saja yang akan melakukan perkaman e-KTP, tetapi pelajar SMK juga akan mendapatkan fasilitas semacam ini. “Belum dijadwalkan, untuk sementara pelajar SMA dulu,” tegas mantan Kabag Hukum Kota Surabaya ini. (windhi/by)