Berbahaya,Ini Efek Negatif CryptoJacking

Kamis, 30 Ags 2018 | 14.00 WIB

Berbahaya,Ini Efek Negatif CryptoJacking

ilustrasi (pixabay)



Centroone.com - Penambangan mata uang virtual atau cryptomining membawa dampak buruk dengan semakin meluasnya CryptoJacking.

​Kekhawatiran itu kini menjadi kenyataan dengan munculnya serangan CryptoJacking besar-besaran ke seluruh dunia yang menargetkan pengguna router MikroTik pada 31 Juli 2018, sementara serangan ini mulai di rasakan Indonesia baru-baru ini.

Laporan ESET menyebutkan, operator di balik kegiatan penambangan mata uang digital selalu melakukan operasi kriminal mereka tanpa menarik perhatian, karena itu penambangan cryptocurrency dengan malware terkait biasanya dirancang untuk beroperasi tanpa terlihat, menghindari deteksi selama mungkin, dan berusaha seminimal mungkin tidak membuat gangguan yang dapat menyebabkan kecurigaan. 

Untuk alasan ini, penambangan cryptocurrency ilegal terjadi di luar jam kerja. Sementara dampak dari CryptoJacking dapat menyebabkan beberapa hal berikut:

1. Dampak yang paling jelas adalah peningkatan konsumsi bandwidth internet karena proses penambangan akan selalu bekerja.

2. Selanjutnya, akses internet akan dirasakan lebih lambat akibat aktivitas penambangan ilegal, menyebabkan downtime yang harus dibayar mahal dengan kinerja perusahaan yang terganggu, terutama untuk bisnis online.

3. Dampak pada komputer yang terkena adalah peningkatan konsumsi daya pada prosessor karena prosessor akan dipaksa bekerja untuk proses penambangan ini. by