Tidak Cuma Atlet, Dunia eSports Buka Banyak Peluang Karir

Selasa, 12 Feb 2019 | 18.00 WIB

Tidak Cuma Atlet, Dunia eSports Buka Banyak Peluang Karir

Antusiasme mahasiswa Universitas Kristen Maranatha pada IEL Campus Seminar di Universitas Kristen Maranatha, Bandung, Jumat, 8 February 2019. (MIX 360 ESPORTS)



Centroone.com - Data yang disediakan oleh mitra penelitian MIX 360 ESPORTS, Niko Partners, sebuah perusahaan riset pasar dan konsultansi yang berspesialisasi dalam industri game dan esports di Asia Tenggara dan Tiongkok, menunjukkan bahwa 41 persen dari 266 juta orang Indonesia setidaknya adalah gamer mobile atau PC kasual. 

Pendapatan untuk online PC dan mobile game di Indonesia mencapai 606 juta USD pada 2018, dan diperkirakan mencapai 1.156 juta USD pada 2022.

“Dunia esports tidak hanya seputar menjadi atlet, tetapi berbagai peluang karir sebagai caster, pelatih, manajemen, dan organizer juga saya nilai cukup menjanjikan,” tutur Eddy Lim, presiden IESPA. 

Pada IEL 2019 University Series season 1 gelaran MIX 360 ESPORTS, sebanyak 12 kampus terpilih telah siap mengirimkan perwakilannya untuk meraih kemenangan. Dua cabang game yang diperlombakan di IEL 2019 University Series ini adalah Dota 2 dan Mobile Legends. 12 Universitas peserta IEL akan terbagi ke dalam dua grup yang akan melakoni babak penyisihan yang lakukan secara online selama bulan Januari hingga Maret 2019. 

Kemudian, 4 tim terbaik dari masing-masing cabang akan bertanding di babak semifinal dan final pada akhir April 2019. Adapun Tempat berlangsungnya babak final IEL 2019 University Series bertempat di LigaGame Arena. Total hadiah senilai 1 Milyar Rupiah akan diperebutkan para peserta IEL 2019 University Series pada musim pertama ini.

“Melalui IEL Campus Seminar ini, IESPA berharap pengetahuan tentang lanskap dan ekosistem esports di Indonesia semakin dalam, sehingga komunitas dan industri esports menjadi semakin berkembang dimulai dari tingkat pelajar.” tambah Eddy Lim. 

Razer, brand lifestyle terkemuka di dunia untuk para gamer, turut menjadi sponsor resmi utama dari IEL University Series 2019. Razer akan membagikan keahliannya dalam mengelola ekosistem hardware, software, dan layanan terintegrasi terbesar bagi para gamer, memastikan eksekusi tanpa cela bagi para fans dan gaming enthusiast di Indonesia.

“Pertumbuhan esports di Asia Tenggara sangat fenomenal, dan kami senang karena dapat mempercepat akselerasi perkembangan esports di Indonesia,” kata David Tse selaku Global Esports Director Razer. by