Siapkan Bibit-Bibit Calon Atlet eSports Profesional

Kamis, 28 Mar 2019 | 13.00 WIB

Siapkan Bibit-Bibit Calon Atlet eSports Profesional

Logo University Series 2019 (IELUniversity)



Centroone.com - Kompetisi esports tingkat universitas IEL University Series 2019 memasuki babak penyisihan.   IEL University Series 2019 sendiri adalah sebagai ajang persiapan calon atlet eSports khususnya tingkat universitas. 

Mereka yang lolos seleksi nantinya dapat bergabung dalam pelatnas Indonesia untuk kejuaraan SEA Games 2019 di Manila yang digelar tahun ini.  Dengan adanya kesempatan mengasah bakat dan talenta dalam wadah liga khusus amatir seperti ini, harapan untuk meregenerasi pelaku industri esports dapat terwujud. 

Sehingga paradigma tradisional tentang esports yang semula dianggap sebagai permainan yang membuang-buang waktu dapat berubah menjadi olahraga positif dengan dukungan positif orangtua dan institusi pendidikan melalui pencapaian dan prestasi di tingkat universitas. 

"Kompetisi ini adalah langkah awal untuk mengembangkan ekosistem esports di tanah air, mulai dari pembinaan bibit-bibit atlet dan caster esports professional hingga menyiapkan manajemen tim esports berkualitas sekaligus mendorong terbentuknya UKM esports di kampus-kampus. Jadi diharapkan ajang-ajang seperti ini terus berlanjut dan tidak berhenti hanya sebatas kompetisi semata," ujar Harry Kartono, Chief Operational Officer MIX 360 ESPORTS.

Tanda-tanda ke arah profesionalisme juga terlihat dalam IEL University Series 2019 ini. Ada beberapa player yang dilirik oleh tim Pro Player di saat berjalannya turnamen. Menariknya, dari liga ini muncul juga pemain-pemain IEL University Series 2019 yang langsung menjadi perhatian sepanjang pertandingan. Salah satunya FML, pemain DOTA 2 perempuan dari UDINUS dan Jessica Eveline pemain DOTA 2 dari UNTAR.

"Esports yang dulu dianggap sekedar permainan, kini sudah berkembang menjadi industri yang menjanjikan karir, sehingga atlet-atlet perlu dipersiapkan sejak dini, bahkan lewat UKM di berbagai kampus," ujar Eddy Lim, Presiden IESPA.

Babak final IEL 2019 University Series akan dilangsungkan di LigaGame Arena.   by