Ditinggalkan Google, Ini Kata Huawei

Selasa, 21 Mei 2019 | 20.00 WIB

Ditinggalkan Google, Ini Kata Huawei

logo Huawei (dokCentroone)


Centroone.com - Pencekalan pemerintah AS terhadap Huawei, dimana Huawei dilarang melakukan pembelian atau perdagangan dengan perusahaan dari Amerika Serikat tanpa seijin pemerintah AS mulai berdampak pada bisnis smartphone mereka. 

Dilaporkan The Verge - Google secara mengejutkan, langsung mengikuti larangan tersebut dan menangguhkan akses dan dukungan Android pada perangkat Huawei.  Terkait hal tersebut,  Huawei dalam sebuah pernyataan resmi mengatakan pihaknya telah banyak kontribusi dalam pengembangan dan pertumbuhan Android di seluruh dunia. 

"Sebagai salah satu kolaborator utama Android, kami telah bermitra dengan platform open source untuk mengembangkan ekosistem yang menguntungkan konsumen dan industri. Huawei akan terus menyediakan sekuritas dan layanan purna jual untuk semua produk smartphone dan tablet Huawei dan Honor, yang mencakup produk yang sudah dijual serta produk dalam persediaan secara global." 

Huawei juga menuturkan akan terus mengembangkan ekosistem yang aman dan berkelanjutan, dalam upaya memberikan pengalaman terbaik bagi pengguna di seluruh dunia. Huawei juga mengkonfirmasi bahwa pengguna produk yang ada masih dapat menggunakannya seperti biasa - dan tetap pada pembaruan aplikasi dari Play Store, serta pembaruan keamanan.

Tidak hanya Google, sejumlah produsen prosessor seperti  Qualcomm, Intel, Broadcom Inc. dan Xilinx Inc juga turut menegaskan akan berhenti menjual perangkat keras mereka ke Huawei. by