Google Turut Beri Kelonggaran Huawei Sampai Agustus

Rabu, 22 Mei 2019 | 13.00 WIB

Google Turut Beri Kelonggaran Huawei Sampai Agustus

logo Huawei (dokCentroone)


Centroone.com - Pencekalan pemerintah AS terhadap Huawei, dimana Huawei dilarang melakukan pembelian atau perdagangan dengan perusahaan dari Amerika Serikat tanpa seijin pemerintah AS - secara mengejutkan langsung diikuti oleh Huawei dengan melakukan penangguhan kerjasama dan lisensi Android untuk perangkat smartphone Huawei. 

Dengan penangguhan kerjasama dan lisensi Android, Huawei masih dapat menggunakan Android hanya beberapa layanan dari Google akan dibatasi  termasuk Google Play Store, Gmail, Youtube, Maps, dan semua aplikasi yang bergantung pada Google Play Service Framework.  

Langkah Google ini, seperti dilansir UPI - membuat layanan konsumen Huawei diserbu sejumlah konsumen yang bertanya apakah smartphone mereka yang ditenagai Android akan bisa dikembalikan.  Belakangan, Google melonggarkan cekal mereka - mengikuti apa yang dilakukan Departemen Perdagangan AS. 

Google memberikan waktu bagi Huawei - yang memungkinkan untuk memberikan pembaruan perangkat lunak dan patch keamanan untuk model yang ada selama 90 hari ke depan. Akses ke Android diberikan Google sampai 19 Agustus nanti. 

Sebelumnya, meski menangguhkan kerjasama dan menarik lisensi mereka, Google menegaskan semua layanan mereka yang sudah ada di perangkat Huawei tetap bisa digunakan. 

"Untuk mereka para pengguna Huawei yang bertanya, terkait langkah-langkah kami untuk mematuhi kebijakan pemerintah AS baru-baru ini: Kami jamin, selama kami mematuhi semua kebijakan pemerintah AS, layanan seperti Google Play & keamanan dari Google Play Protect akan tetap berfungsi pada perangkat Huawei" tukas divisi Android Google dalam cuitan di akun resmi Android, @Android. by