Menikmati Cita Rasa Khas Basque Country di Tengah Jakarta

Rabu, 24 Jul 2019 | 14.00 WIB

Menikmati Cita Rasa Khas Basque Country di Tengah Jakarta

Txoko Jakarta membawa cita rasa Basque ke tengah kota Jakarta. (Centroone)



Centroone.com - Wilayah Basque Country, Spanyol  sangat populer dalam beberapa tahun terakhir di kalangan pecinta kuliner berkat masakannya yang khas. Bagi mereka yang ingin merasakan kelezatan rasa ala Basque Country kini tidak perlu jauh-jauh ke Spanyol. 

Terletak di daerah Senopati yang trendi, tidak jauh dari kawasan pusat bisnis terpenting, SCBD, Txoko Jakarta membawa cita rasa Basque ke tengah kota Jakarta. Txoko (dibaca “cho-ko” dan secara harfiah “sudut yang nyaman”) diambil dari istilah masyarakat gastronomi tertutup di Basque Country di mana teman dan keluarga berkumpul untuk memasak, bereksperimen dengan cara-cara memasak yang baru, makan dan bersosialisasi.  

Salah satu hidangan paling populer dalam menu di Txoko Jakarta adalah Black Paella dengan Ali Oli, dibuat dari nasi hitam dengan berbagai makanan laut segar yang gurih. Yang membuat Black Paella spesial adalah penggunaan tinta dari cumi-cumi, yang dicampur ke dalam paella saat sedang dimasak. Sebenarnya paella berasal dari Valencia, bukan Basque Country, tetapi masih merupakan salah satu hidangan paling populer di seluruh Spanyol (dan tentu saja, salah satu favorit di Txoko).

“Paella merupakan salah satu hidangan paling populer dan ikonik di Spanyol, juga cukup populer di Basque Country maupun mancanegara. Orang-orang memiliki selera dan cara mereka sendiri untuk mencampurkan paella di berbagai daerah di Spanyol; misalnya ada yang menambahkan seafood, iga, atau sayuran.”  tukas Chef Eksekutif Txoxo Jakarta, Chef Oskar Urzelai. 

Black Paella dengan Ali Oli terbuat dari bahan-bahan berkualitas tinggi seperti: nasi bomba, kaldu yang terbuat dari tulang ikan, seafood (udang, cumi-cumi, dan ikan putih), wortel dan bawang. Kemudian ditambahkan paprika merah dan hijau, bawang bombay, bawang putih dan tomat cherry. Warna gelap hidangan ini berasal dari tinta cumi-cumi, yang menambah citarasa seafood-nya, tentu saja selalu dimasak menggunakan minyak zaitun Spanyol.

“Paella dapat disantap dengan lauk apa pun, tetapi menurut saya paling cocok disajikan dengan makanan laut seperti gurita, cumi-cumi, kepiting, udang, lobster, ikan.” tambahnya.  by