Kisah Kartini Masa Kini, Menginspirasi Diatas Kuda Besi

Kamis, 23 Apr 2020 | 12.00 WIB

Kisah Kartini Masa Kini, Menginspirasi Diatas Kuda Besi

Jisel beraksi diatas Royal Enfield Himalayan (RoyalEnfield)


Centroone.com - 21 April setiap tahun diperingati sebagai Hari Kartini, lambang emansipasi dan perjuangan wanita di Indonesia.  Makna Hari Kartini telah menginspirasi banyak perempuan untuk terus memperjuangkan emansipasi perempuan di Indonesia dalam berbagai kegiatan dan bidang pekerjaan.  Seperti Jisel,  lady biker satu ini membuktikan seorang wanita bisa setangguh pria untuk urusan kegiatan bermotor. 

Bernama lengkap Eleonora Ajisela Agrippina, Jisel  menjadi seorang lady biker sejak tahun 2005 dan telah mengikuti berbagai kegiatan bermotor.   Berbagai touring jarak jauh telah dilakukannya, termasuk di Pulau Jawa, Bali, Lombok, Sulawesi, Kalimantan dan Pulau Timor. Pada tahun 2018 ia juga dinobatkan sebagai pemenang Legendary Bikers Indonesia (LBI) dari Castrol Power. 

Pada bulan Maret lalu, Jisel juga bergabung dengan para pengendara Royal Enfield lainnya dalam “Tour of Indonesia 2020”, acara tahunan Royal Enfield yang tahun ini berangkat dari Bogor dan berakhir di Bali dengan melewati rute Pesisir Selatan. Di antara 20 peserta touring, Jisel merupakan satu-satunya lady biker. Selama 6 hari, para peserta menjelajahi kekayaan warisan budaya dan kuliner Indonesia sepanjang rute Pesisir Selatan. Turing ini menempuh jarak sejauh 1.400 km dan melewati rute yang diepenuhi dengan pemandangan yang indah.

Menurut Jisel, rute yang dilewati selama perjalanan Tour of Indonesia 2020 sangat menguji ketahanan motor dan juga kemampuan orang yang mengendarainya, terutama saat pejalanan di rute ‘Deandles’ dari Tasikmalaya menuju Jogjakarta. Jisel berhasil menaklukkan rute tersebut dengan Royal Enfield Himalayan.

“Royal Enfield Himalayan itu ground clearance-nya pas, hanya untuk dimensinya berat dan panjang; dan Himalayan memberikan sensasi kemurnian berkendara antara rider dan motor, tanpa ada pihak ketiga." ujar Jisel. 

Menurut Jisel, dengan touring keliling Indonesia, ia membawa misi positif untuk memperkenalkan keindahan alam Indonesia kepada masyarakat luas melalui foto, video dan cerita menarik di media sosial.

“Banyak tempat di Indonesia yang begitu bagus dan indah, dan sangat cocok sebagai tempat wisata – ada yang sudah dikenal, namun banyak yang masih terpencil dan tersembunyi. Berkendara dengan motor memberikan kesempatan melihat banyak hal. Motor memberikan saya kesempatan untuk merasa menyatu dengan alam, menikmati alam indah dan menemukan begitu banyak tempat menarik sepanjang perjalanan” ungkap Jisel.

Menurut Jisel, riders harus menjadi diri sendiri saat riding, yang harus diubah adalah pola pikirnya. Sebagai perempuan, tidak perlu minder untuk riding bersama laki-laki. Hal yang penting adalah untuk mengambil keputusan yang tepat saat berada di atas motor. Ia merasakan kebersamaan dan mendapatkan banyak pengalaman karena bukan hanya karakter orang saja yang berbeda-beda, setiap motorpun memiliki karakternya tersendiri.

"Dengan menghalau segala kecemasan di awal perjalanan dan perbedaan gender yang melekat, Jisel telah membuktikan bahwa perempuan bisa berada di posisi yang sama dengan laki-laki. Kaum Hawa dapat menaklukan medan berat, memiliki kemampuan bermotor, dan melewati rintangan yang sama seperti kaum Adam. " tambah  Vimal Sumbly - Royal Enfield  Head of Business- APAC Region. 

Secara global banyak komunitas Royal Enfield dengan lady rider yang menikmati pengalaman berkendara yang sesungguhnya.  Royal Enfield juga mendukung para lady rider di Indonesia melalui berbagai kegiatan, termasuk Girls Ride Out – sebuah acara berkendara yang unik dengan para lady rider; dan juga dengan menghadirkan lady biker, Jisel dalam Royal Enfield Indonesia marquee ride – Tour of Indonesia 2020.

“Jauhkan perasaan tidak percaya diri ketika dibandingkan dengan laki-laki! Mari ingat perjuangan Kartini dan pahlawan perempuan lainnya yang di masanya pun berusaha menepis stigma. Jadilah seorang Kartini hebat dan tangguh di masa sekarang dengan caramu sendiri” tutup Jisel.  by